Tuesday, October 6, 2015

Alat Dan Fasilitas Lari Jarak menengah

Lari jarak menengah adalah lari dengan menempuh jarak mulai 800 meter sampai 3000 meter. Jarak di bawah 800 meter termasuk lari jarak pendek, begitupun jarak di atas 3000 meter termasuk lari jarak jauh. Pada umumnya jarak yang sering diperlombakan pada lari jarak menengah adalah 800 meter, 1000 meter, 1200 meter, 1500 meter, dan 3000 meter. Start yang sering digunakan pada lari jarak menengah adalah start jongkok. 

Alat dan fasilitas yang digunakan dalam lari jarak menengah adalah kostum, sepatu dan lintasan lari. Dan semua ada peraturannya.

Lapangan dan Perlengkapan:

Pakaian dan Sepatu

Seorang atlet pada saat melakukan perlombaan wajib memakai pakaian olahraga, baju bersih dan tidak tembus pandang di waktu basah, dibuat dengan khas, dan tidak terlalu ketat. Para atlet boleh telanjang kaki tetapi sebaiknya bersepatu. Dalam perlombaan lari, memakai sepatu dianjurkan untuk kenyamanan kaki.

Lintasan lari
  1. Satu keliling lintasan seharusnya dibuat panjangnya 400 meter, dibatasi dengan garis yang dibuat dari semen, kayu, atau bahan yang lebarnya 5cm, dan tingginya 5cm.
  2. Perlombaan internasional sekurang-kurangnya harus mempunyai enam lintasan. Idealnya mempunyai delapan lintasan.
  3. Lebar setiap lintasan minimal 1,22m, maksimal 1,25m, dibatasi garis setebal 5 cm.
  4. Kemiringan lintasan yang diizinkan adalah tidak melebihi 1 : 100 untuk kemiringan ke samping 1: 1000 untuk kemiringan arah lari.
Lintasan lari


Start dan Finish
  1. Start dan finish pada lintasan lari, ditandai dengan garis yang lebarnya 5 cm.
  2. Jarak lari diukur dari sisi garis start yang terjauh dari finish, sampai sisi garis finish yang terdekat dari finish.
  3. Garis start harus harus diatur sedemikian rupa, sehingga jarak dari start sampai finish sama bagi setiap peserta.
  4. Dua buah tiang finish putih dipasang perpanjangan garis start, sekurang-kurangnya 30cm dari tepi lintasan.
  5. Tiang finish dibuat dari bahan baku, tinggi 1,37 meter, lebar 8 cm, dan tebal 2 cm.
  6. Balok start dibuat dari bahan yang baku, yang dapat diatur, tetapi tidak memakai per atau alat lain yang dapat member bantuan kepada atlet, mudah, dan cepat dipasang, dan disingkirkan tanpa merusak lintasan.

No comments:

Post a Comment