Wednesday, July 30, 2014

RPP RENANG GAYA DADA X SEM 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                        : PJOK-Penjaskes.blogspot.com
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      : X/
1
Alokasi Waktu                       : 4 x 35 menit (2 x kegiatan belajar)
Kompetensi    Inti                  : 5.   Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat
                                                        indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar                 : 5.1 Mempraktikkan keterampilan dasar salah satu gaya
         renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung
         jawab, dan kerja keras
Materi Pokok                         : Renang Gaya Dada
Indikator                                :
-       Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
-       Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
-       Menjelaskan teknik gerakan kaki renang gaya dada dengan benar.
-       Menjelaskan teknik gerakan lengan renang gaya dada dengan benar.
-       Menjelaskan teknik nafas renang gaya dada dengan benar.
-       Menjelaskan teknik rangkaian renang gaya dada dengan benar.

A.       Tujuan Pembelajaran                 :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat:
-       Menunjukkan sikap sportif dalam bermain
-       Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
-       Menjelaskan teknik gerakan kaki renang gaya dada dengan benar.
-       Menjelaskan teknik gerakan lengan renang gaya dada dengan benar.
-       Menjelaskan teknik nafas renang gaya dada dengan benar.
-       Menjelaskan teknik rangkaian renang gaya dada dengan benar.

B.        Materi Pembelajaran                 :
Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Panjang kolam renang lintasan panjang adalah 50 m sementara lintasan pendek adalah 25 m. Dalam spesifikasi Federasi Renang Internasional untuk kolam ukuran Olimpiade ditetapkan panjang kolam 50 m dan lebar kolam 25 m. Kedalaman kolam minimum 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pertama lintasan hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok start.
Salah satu gaya berenang yang mudah diajarkan adalah gaya dada (gaya Katak) . Berikut caranya;
Gerakan kaki
-        Tekukkan dengkul kaki kedalam
-        Kemudian pantulkan (tendang lurus dengan posisi kedua kaki renggang/ terbuka)
-        Kaki tetap lurus, kemudian rapatkan (pastikan telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan)
-        Ulangi langkah di atas dengan urutan tekuk, tendang, rapatkan, tekuk, tendang, rapatkan.
Gerakan tangan
-        Tempelkan kedua telapak tangan(seperti hendak bersalaman) dan luruskan di atas kepala
-        Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah
-        Luruskan tangan kembali.
-        Dan ulangi dengan urutan luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
Gerakan kombinasi + mengambil nafas
-        Lakukan gerakan tangan dan kaki secara bergantian.
-        Untuk mengambil nafas lakukan saat gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, lalu dongakkan kepala keatas sambil mengambil nafas 

C.        Metode Pembelajaran:
Pendekatan scientific
Metode ceramah, demonstrasi, komando permainan dan penugasan.

D.       Langkah-Langkah Pembelajaran:
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN






a.      Berbaris 3 bershaf
b.      Berdoa
c.       Presensi
d.      Penyampaian materi dan pemberian motivasi bahwa renang berguna untuk kehidupan sehari-hari antara lain menyegarkan dan menyehatkan tubuh, pernafasan menjadi lancar.

15 menit






INTI





·         Guru menjelaskan tentang teknik meluncur, teknik renang gaya dada (kaki, tangan, pengambilan nafas, dan gerakan kombinasi)
·         Guru memberikan contoh-contoh gambar.
·         Guru mengadakan tanya jawab

45 menit





PENUTUP



1.      Mengevaluasi pembelajaran
2.      Tugas untuk siswa
3.      Berdoa

10 menit




E.        Media Pembelajaran
1. Alat                               : Bolpoin, spidol, wahiteboard
2. Sumber belajar             : Buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMK
                                                   dan MAK Kelas X penerbit ERLANGGA



F.         Penilaian
  1. Teknik penilaian
1.1  Tes pengamatan sikap:
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas pembelajaran. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran yaitu mentaati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan menunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman.
Keterangan:
Penilaian terhadap sikap yang ditunjukkan peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai 3.
1= kurang
2= cukup
3= baik
1.2  Tes pemahaman konsep (pengetahuan)
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak renang gaya dada.
Keterangan :
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3.
1= kurang benar, 2= mendekati benar, 3= benar

  1. Rubrik penilaian
a.      Tes Keterampilan
b.      Tes Pengamatan Sikap/Perilaku
Perilaku yang diharapkan
Kualitas Sikap
1
2
3
1.      Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)



2.      Mentaati peraturan



3.      Menunjukkan sikap sungguh-sungguh dalam melakukan



4.      Menghormati wasit dan pemain (sportif)



JUMLAH



JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 4 x 3 = 12



            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 100
                             Jumlah skor maksimal

c.       Tes Pengetahuan
Pertanyaan yang Diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
1.      Sebutkan macam-macam gaya pada renang?
2.      Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik dasar  gerakan kaki pada renang gaya dada?



JUMLAH



JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 3 x 2 = 6

            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 100
                             Jumlah skor maksimal
3.      Rekapitulasi Penilaian

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Sikap
Pengetahuan
Lisan
PR



1.







2.







3.







4.







5.







NIlai Rata-rata






                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
-          Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara     = 91 – 100%
-          Mendapat nilai Baik, jika skor antara                 = 80 – 90%
-          Mendapat nilai Cukup, jika skor antara              = 70 – 79%
-          Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
-          Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara  = Kurang dari 60%


Mengetahui
Kepala Sekolah


………………..September  2013
Guru Penjaskes




PJOK-Penjaskes.blogspot.com





PJOK-Penjaskes.blogspot.com


No comments:

Post a Comment