Wednesday, July 30, 2014

RPP LOMPAT JAUH X SEM 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                                    : PJOK-Penjaskes.blogspot.com
Mata
Pelajaran                                  : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                                  : X/
1
Alokasi Waktu                                   : 4 x 35 menit (2 x kegiatan belajar)
Kompetensi                                       : 1.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan
        olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang
        terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar                             : 1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan
        menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai
        kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan
        percaya diri
Materi Pokok                                     : Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara
Indikator                                            :
-       Menunjukkan sikap sportif dalam pembelajaran.
-       Menunjukkan sikap aktif saat mengikuti pembelajaran.
-       Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
-       Mengetahui teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya jongkok.
-       Mengetahui teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya jongkok.
-       Mengetahui teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya jongkok.
-       Mengetahui teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya jongkok.
-       Mengetahui teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya berjalan di udara.
-       Mengetahui teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya berjalan di udara.
-       Mengetahui teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya berjalan di udara.
-       Mengetahui teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya berjalan di udara.
-       Mengetahui teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya melenting.
-       Mengetahui teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya melenting.
-       Mengetahui teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya melenting.
-       Mengetahui teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya melenting.
-       Menjelaskan teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya berjalan di udara dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya berjalan di udara dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya berjalan di udara dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya berjalan di udara dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya melenting dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya melenting dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya melenting dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya melenting dengan benar.

A.       Tujuan Pembelajaran                 :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat:
-       Menunjukkan sikap sportif dalam pembelajaran.
-       Menunjukkan sikap aktif saat mengikuti pembelajaran.
-       Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
-       Mengetahui teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya jongkok.
-       Mengetahui teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya jongkok.
-       Mengetahui teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya jongkok.
-       Mengetahui teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya jongkok.
-       Mengetahui teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya berjalan di udara.
-       Mengetahui teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya berjalan di udara.
-       Mengetahui teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya berjalan di udara.
-       Mengetahui teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya berjalan di udara.
-       Mengetahui teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya melenting.
-       Mengetahui teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya melenting.
-       Mengetahui teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya melenting.
-       Mengetahui teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya melenting.
-       Menjelaskan teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya berjalan di udara dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya berjalan di udara dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya berjalan di udara dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya berjalan di udara dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar awalan pada lompat jauh gaya melenting dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar tolakan pada lompat jauh gaya melenting dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar sikap melayang di udara pada lompat jauh gaya melenting dengan benar.
-       Menjelaskan teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya melenting dengan benar.

B.        Materi Pembelajaran                 :
Lompat jauh adalah  sejenisolahraga di mana seseorang atlit melompat dan mendarat sejauh yang boleh dari tempat mula melompat.
Panjang awalan           : 40-45 meter
Lebar awalan                   : 1.22 meter
Panjang tumpuan             : 1.22 meter
Lebar tumpuan            : 20 cm
Tebal tumpuan            : 10 cm
Panjang bak lompatan     : 9 meter
Lebar bak lompatan         : 2.95 meter
Lompat jauh terdapat tiga macam gaya yaitu: Lompat Jauh gaya Jongkok (tuck), gaya menggantung (hang style), dan gaya jalan di udara (walking in the air). Yang membedakan dari gaya-gaya tersebut adalah gerakan waktu melayang di udara.. Untuk memperoleh hasil lompatan yang jauh, selain diperlukan kemampuan fisikseperti kekuatan, daya ledak, kekuatan, kelincahan dan keseimbangan juga perlu diperhatikan mengenai tekniknya. Berikut mengenai teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara:
Awalan:
-          Jarak awalan tergantung dari kemampuan masing-masing atlet bagi pelompat dalam jerak pendek sudah mampu mencapai kecepatan maksimal (full speed) maka jarak awalan cukup dekat atau pendek saja (sekitar 30-35 meter atau kurang dari ini). Sedangkan bagi atlet lain yang jarak relatif jauh baru mencapai kecepatan maksimal, maka jarak awalan harus lebih jauh lagi (sekitar 30-45 meter atau lebih jauh dari itu). Bagi pemula tentu jarak awalan lebih pendek dari ancang-ancang tersebut.
-          Posisi saat berdiri pada titik awalan kaki dapat sejajar atau salah satu kaki ke depan. Hal ini tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet.
-          Cara pengambilan awalan mulai pelan, kemudian cepat (sprint). Kecepatan ini harus dipertahankan sampai menjelang bertumpu atau menolak.
-          Setelah mencapai kecepatan maksimal, maka kira-kira 3-4 langkah terakhir bertumpu (take off) gerakan lari dilepas begitu saja tanpa mengurangi kecepatan yang telah dicapai sebelumnya. Pada 3-4 langkah terakhir ini perhatian dan tenaga yang dicurahkan untuk melakukan tumpuan pada papan atau balok tumpu.
Tolakan:
-          Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan tolakan diantaranya :
-          Tolakan dilakukan dengan kaki yang kuat. Bagian telapak kaki yang kuat untuk bertumpu adalah cenderung pada bagian tumit terlebih dahulu dan berakhir pada bagian ujung kaki.
-          Sesaat akan bertumpu sikap badan agak condong ke belakang
-          Bertumpu sebaiknya tepat pada papan tumpuan
-          Saat bertumpu, kedua lengan ikut diayunkan ke depan atas.
-          Pada kaki ayun diangkat ke depan setinggi pinggul dalam posisi lutut ditekuk.
Melayang Di Udara:
-          Setelah berolak maka tariklah kaki bebas ke bawah dan ke belakang.
-          Pada saat yang sama tariklah kaki yang bertolak ke depan dan ke atas.
Pendaratan:
-          Harus dilakukan dengan sadar agar gerakan yang tidak perlu dapat dihindari
-          Untuk menghindari rasa sakit atau cedera pendaratan sebaiknya dilakukan dengan kedua belah kaki sejajar dan tumit terlebih dahulu mendarat di pasir dengan posisi mengepit
-          Sebelum tumit menyentuh pasir, kedua kaki harus benar-benar diluruskan/dijulurkan ke depan. Usahakan agar jarak antara kedua kaki jangan terlalu berjauhan, karena semakin lebar jarak antara kedua kaki berarti akan semakin mengurangi jauhnya lompatan
-          Untuk menghindari agar tidak jauh duduk pada pantat, maka setelah tumit berpijak di pasir, kedua lutut segera ditekuk dan badan dibiarkan condong terus jauh ke depan
-          Setelah melakukan pendaratan jangan keluar atau kembali ke tempat awalan melewati atau menginjak daerah pendaratan dengan papan tumpuan

C.        Metode Pembelajaran:
Pendekatan scientific
Metode ceramah, presentasi, tanya jawab, permainan, kuis, dan penugasan.

D.       Langkah-Langkah Pembelajaran:
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN














a.      Siswa berbaris 2 shaf
b.      Ketua kelas memimpin berdoa
c.       Guru mempresensi siswa
d.      Pemberian motivasi dan penyampaian materi teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara
Pemberian motivasi dimulai dari guru memberikan pertanyaan yang akan memancing siswa untuk berfikir kreatif, “ ada yang tau tentang lompat jauh itu apa,dan apa saja jenis gaya-gaya yang ada pada lompat jauh?”. Setelah beberapa siswa menjawab dengan berbagai jawaban, kemudian guru memberikan jawaban yang benar tentang apa itu lompat jauh. Dalam materi lompat jauh kita akan mempelajari teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara.
e.      Fun game

15 menit
















INTI























a.      Pertemuan ke-1
45 menit























·         Guru menjelaskan gerakan lompat jauh gaya berjalan di udara
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru
·         Siswa diberi kesempatan bertanya tentang gerakan yang didemonstrasikan dan dijelaskan oleh guru
·         Guru mengadakan tanya jawab mengenai lompat jauh yang sudah dijelaskan
·         Guru membagi kelompok dengan masing-masing kelompok 5 orang.
·         Guru memberikan tugas yaitu membuat makalah tentang lompat jauh gaya jongkok, gaya menggantung dan gaya berjalan di udara di internet atau media cetak lain.
·         Guru menginformasikan bahwa pertemuan minggu depan semua kelompok presentasi.
·         Guru mengadakan kuis tentang lompat jauh yang sudah dijelaskan.

b.      Pertemuan ke-2
·         Masing-masing kelompok yang sudah dibagi melakukan presentasi
·         Guru mengamati dan menilai makalah dan proses presentasi.
PENUTUP



1.      Mengevaluasi pembelajaran
2.      Memberikan informasi mengenai pelajaran minggu depan
3.      Berdoa

10 menit




E.        Media Pembelajaran
1.   Alat                              : Spidol, whiteboard, laptop, bolpoin, dan lembar penilaian.
2.   Sumber belajar           : Buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMK
                                                  dan MAK Kelas X penerbit ERLANGGA

F.         Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk
Instrumen
Mampu melakukan presentasi tentang lompat jauh
Tes
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Lakukan presentasi teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara


Pengamatan
Pengamatan sikap dilakukan pada saat aktivitas pembelajaran. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran yaitu mentaati aturan (disiplin), semangat dan percaya diri serta keberanian dalam melakukan gerakan tidak ragu-ragu (sportif)


Kuis
Jawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan mengenai teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara

  1. Teknik penilaian
1.1  Tes unjuk kerja (keterampilan):
Melakukan presentasi teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara.
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai 3.
1= kurang benar, 2= mendekati benar, 3= benar
1.2  Tes pengamatan sikap:
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas pembelajaran. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran yaitu mentaati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan menunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman.
Keterangan:
Penilaian terhadap sikap yang ditunjukkan peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai 3.
1= kurang, 2= cukup, 3= baik
1.3  Tes pemahaman konsep (pengetahuan)
Jawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam lompat jauh.
Keterangan :
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3.
1= kurang benar, 2= mendekati benar, 3= benar

  1. Rubrik penilaian
a.      Tes Keterampilan
Lakukan presentasi tentang teknik dasar lompat jauh gaya jongkok, gaya berjalan di udara, gaya melenting atau menggantung, unsur-unsur yang dinilai adalah nilai makalah dan isi makalah (produk), kemampuan menjelaskan atau presentasi (proses).
·         Contoh penilaian produk dan proses teknik dasar lompat jauh
Aspek yang Dinilai
Kualitas
1
2
3
Melakukan presentasi tentang lompat jauh:
Produk
-          Nilai makalah
-          Nilai isi makalah
Proses
-          Nilai kemampuan presentasi




JUMLAH



JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 3 X 3 = 9

                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal
b.      Tes Sikap
Perilaku yang diharapkan
Kualitas Sikap
1
2
3
1.      Aktif bertanya dan menjawab



2.      Mentaati peraturan (mengikuti pelajaran, berseragam rapi)



3.      Menunjukkan sikap semangat, percaya diri saat pelajaran



JUMLAH



JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 3 x 3 = 9



            Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Sikap  =  ----------------------------------------- X  100%
                Jumlah skor maksimal

c.       Tes Pengetahuan
Kuis
Pertanyaan yang Diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
1.      Bagaimana teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya berjalan di udara?



2.      Bagaimana awalan saat melakukan lompat jauh gaya berjalan di udara



3.      Bagaimana teknik tolakan saat melakukan lompat jauh gaya berjalan di udara



JUMLAH



JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 3 x 3 = 9

                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Pengetahuan  =  ----------------------------------------- X  100%
                        Jumlah skor maksimal



Keterangan:
Kunci jawaban untuk kuis:
Melakukan teknik dasar lompat jauh berjalan di udara
Awalan: Lari awalan dari pelan kemudian semakin cepatt (sprint), setelah mencapai kecepatan maksimal kira-kira 3-4 langkah terakhir bertumpu (take off) gerakan lari dilepas begitu saja tanpa mengurangi kecepatan yang telah dicapai sebelumnya.
Tolakan: Tolakan dilakukan dengan salah satu kaki yaitu kaki yang kuat. Bagian telapak kaki yang kuat untuk bertumpu adalah cenderung pada bagian tumit terlebih dahulu dan berakhir pada bagian ujung kaki, sesaat akan bertumpu sikap badan agak condong ke belakang, bertumpu tepat pada papan tumpuan, pada kaki ayun diangkat ke depan setinggi pinggul dalam posisi lutut ditekuk.
Saat melayang di udara: Setelah bertolak maka tariklah kaki bebas ke bawah dan ke belakang (seperti gerakan berjalan), pada saat yang sama tariklah kaki yang bertolak ke depan dan ke atas (seperti gerakan berjalan)
Saat mendarat: Sebelum tumit menyentuh pasir, kedua kaki diluruskan, pendaratan dilakukan dengan kedua belah kaki sejajar dan tumit terlebih dahulu mendarat di pasir dengan posisi mengepit Kedua lutut segera ditekuk dan badan dibiarkan condong terus jatuh ke depan

Tugas Rumah:
Mencari teknik dasar lompat jauh gaya jongkok, gaya menggantung dan gaya berjalan di udara di internet atau media cetak?

  1. Rekapitulasi Penilaian
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Keterampilan
Sikap
Pengetahuan
Proses
Produk
Lisan
Rumah



1.









2.









3.









4.









5.









NIlai Rata-rata







              Jumlah skor yang diperoleh
            Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                  Tiga Aspek Penilaian
            Kriteria :
·      Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara        = 91 – 100%
·      Mendapat nilai Baik, jika skor antara                    = 80 – 90%
·      Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                 = 70 – 79%
·      Mendapat nilai Kurang, jika skor antara               = 60 – 69%
·      Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara     = Kurang dari 60%








Mengetahui
Kepala Sekolah


................ 1 September  2013
Guru Penjaskes




PJOK-Penjaskes.blogspot.com





PJOK-Penjaskes.blogspot.com


No comments:

Post a Comment