Sunday, August 3, 2014

PERPANJANGAN WAKTU PERMAINAN SEPAK BOLA

Apabila dalam permainan sepak bola terjadi seri 0-0 atau 1-1 atau 2-2 dan seterusnya, maka wasit akan meneruskan dengan:
  1. Perpanjangan waktu 2 X 15 menit sampai terjadi gol
  2. Adu penalti 5 kali setiap regu, dilakukan pemain secara bergantian. Apabila masih terjadi seri, maka dilanjutkan lagi dengan 1 penendang sampai terjadi elisih gol 1 angka.
  3. Perpanjangan waktu juga diberikan pada waktu pertandingan sudah mulai berakhir yang dinamakan  Injury time. Tujuan perpanjangan waktu ini adalah untuk mengganti waktu yang terbuang pada saat pertandingan berlangsung. Misalnya pada waktu pertandingan berlangsung terjadi pelanggaran, pergantian pemain, atau ada pemain yang cedera. Pada saat-saat seperti itu ada waktu yang terbuang sekian menit. Maka untuk mengganti waktu yang terbuang tadi pada akhir pertandingan diadakan penambahan waktu 3 atau 5 menit sesuai lama waktu yang terbuang tersebut.


Penambahan waktu injury time biasanya diumumkan dengan menggunakan layar kaca elektonik. Tempatnya biasanya ada di sebelah informasi skor. Biasanya yang menunjukkan adalah petugas dengan membawa lampu LCD/LED, atau dengan menggunaka mikrofon.