Sunday, August 3, 2014

PERATURAN SOFTBALL

softball merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu. masing-masing regu terdiri dari sembilan orang pemain dan tiga orang pemain cadangan.

Permainan softball diciptakan oleh George Honcock pada tahun 1987. Pada tahun 1960 seorang ahli namanya Lewis Robert yang akhirnya pada tahun 1961 peraturan tersebut di sempurnakan oleh mattew. Permainan softball mulai dipertandingkan pada kejuaraan dunia pada tahun 1933 di Chicago dan permainan ini dikenal di asia sejak diadakan kejuaraan softball di Manila pada tahun 1968. Permainan softball berkembang di Indonesia pada tahun 1967 pada waktu dibentuknya peraturan baseball dan softball amatir seluruh Indonesia (PERBASASI). Kejuaraan permainan softball pertama kali di Indonesia yaitu pada pekan olah rag nasional (PON) ke VII di Jakarta tahun 1973.

Peraturan

a. Lapangan
Lapangan softball berbentuk bujur sangkar dengan ukuran sebagai berikut:


Lapangan Softball

Lapangan Softball



















Perlengkapan permainan

1. Setiap pemain memakai kostum yang bertuliskan nama daerah/club dan nomor punggung.\
2. Glove. Semacam sarung tangan yang terbuat dari kulit agak tebal berukuran 284 gram digunakan untuk pemain penjaga sedangkan penjaga  selain memakai glove juga menngunakan pelindung muka dan pelindung badan.
3. Bola
4. Kayu pemukul.

Jumlah Pemain

Jumlah pemain setiap regunya adalah sembilan orang pemain yang dipimpin oleh seorang kapten segu dengan susunan sebagai berikut.
- 1 orang Pitcher
- 2 orang Ctachers
- 3,4,5 Base Man
- 6 Short Stop, Short Fielder
- 7,8,9 Left Fielder, Middle Fielder, dan Right Fielder

Wasit

Dalam permainan softball ada 4 orang wasit yang terdiri dari satu orang wasit kepala. Base umpire sebanyak 3 orang dengan posisi sebagai berikut;
- Wasit kepala tempatnya di belakang catcher
- Base Umpire bertugas di lapangan menentukan matinya pemain pemukul di masing-masing base

Cara Bermain

1. Pada regu yang mendapat giliran untuk memukul, setiap pemain mendapat kesempatan 3 kali memukul, dengan ketentuan bila pikulan yang pertama dan kedua strike maka pemain yang bersangkutan harus lari
2. Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang ditentukan sebelum bermain.
3. Pemukul pertama tidak boleh dilalui oleh pemukul yang kedua, pemukul kedua tidak boleh dilalui oleh pemukul ketiga, begitu seterusnya.
4. Setiap base hanya boleh diisi oleh satu orang pemain
5. Pada waktu bola dalam permainan, bebas mengadakan gerakan kecuali bila pitcher sudah siap untuk melempar bola kepada pemukul
6. Pada waktu atau akan di tick, pelari tidak boleh menghindari berlari keluar atau kedalam lebih dari batas.

Strike

Dalam permainan softball strike dihitung apabila
1. Bola dipukul kena atau tidak kena
2. Lemparan baik walaupun bola tidak dipukul
3. Bola yang dipukul meleset keluar, bila pukulan yang melesat itu melambung dan tertangkap oleh si penjaga maka pemukul itu langsung mati.

Lari Bebas

Lari bebas diberikan apa bila
1. Pitcher melempar bola empat kali salah
2. Pemukul dihalang halangi pada waktu akan menuju ke base
3. Bila semua base terisi sedangkan si pemukul telah empat kali tidak memukul karena pitchers melemparbola salah terus

Cara Mematikan dan Tukar Tempat

Cara mematikan dapat dilakukan dengan cara di tick sebelu pemain sampai di base. pada waktu men-tick bola tidakboleh dilepaskan atau terlepas dari tangan. Kecuali dalam keadaan lari dengan cara membakar base, yaitu sambil memegang bola, menginjak base yang dituju pelari. bertukar tempat setelah tiga kali mati.

Pembantu

Dari masing-masing regu mempunyai dua orang pembantu yang berpakaian seragam dengan dengan regunya. Kedua pembantu kerjanya memberi petunjuk kepada pemukul dan pelari base. Tempatnya di tempat pembantu, yaitu seorang disebelah kiri dan stu orang di sebelah kanan.

Cara Memperoleh Nilai

1. Setiap pelari dengan pukulan baik dan dapat kembali dengan selamat mendapat nilai satu.
2. Setiap pelari yang menuju base harus berada pada base atau menginjak base tidak boleh lewat, jika lewat boleh di-tick , hanya pada base pertama boleh lewat. Tetapi tidak berpura-pura maksudnya untuk bisa lewat ke base yang ke dua.
3. Jika ada bola yang ditangkap dari hasil pukulan maka si pemukul dinyatakan mati. Para pelari masing-masing kembali ke basenya dengan cepat agar basenya tidak dibakar oleh penjaga
4. Pelari yang kembali dapat dimatikan
5. Pelari yang sudah dimatikan tidak dapat melanjutkan perjalanan
6. Home run. Jika memukul dan dapat kembali ke home base dengan selamat maka ia mendapat nilai 6 dan setiap base lawannya mendapat nilai 1