Wednesday, September 17, 2014

KONSEP PERMAINAN SEPAK BOLA

Permainan sepak bola adalah tergolong permainan bola besar. Melalui permainan sepak bola juga dapat dijadikan alat untuk pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Mengajari anak untuk belajar sportif, jujur, dapat bekerjasama dengan teman, dan mempunyai sikap saling menghargai antar sesama.

Peta konsep permainan sepak bola meliputi:

1.       Mengumpan
2.       Mengontrol
3.       Menggiring
4.       Posisi
5.       Menembak bola ke gawang lawan

Merupakan suatu kenyataan, bahwa sepak bola adalah jenis olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia. Sepak bola tidak memiliki batasan etnik, politik, atau agama. Bahkan sepak bola mampu mempersatukan masyarakat di seluruh dunia dan melupakan perbedaan dan perselisihan.

Di Indoneia, sepak bola adalah permainan yang sangat digemari. Permainan sepak bola dilakukan dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola lawan. Sepak bola merupakan olahraga permainan beregu, yang setiap regu terdiri dari 11 orang. Lama permainan sepak bola menurut peraturan internasional adalah 2 X 45 menit dengan istirahat selama 10 menit di antar dua babak.

Materi pembelajaran sepak bola harus dipelajari dengan mengedepankan sikap beragama dengan berdoa sebelum dan sesudah melakukan permainan. Mencerminkan sikap dan prilaku sportif dalam bermain, bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah, serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar. Menghargai perbedaan karakteristik, individual dalam melakukan ktivitas fisik, munjukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, mau menerima kekalahan dan kemenangan dalam permaian.

Susunan pemain untuk permainan sepak bola adalah:

·         Penjaga gawang
·         Bek kanan
·         Bek kiri
·         Gelandang kanan
·         Gelandang tengah
·         Gelandang kiri
·         Kanan luar
·         Kanan dalam
·         Penyerang tengah
·         Kiri luar

·          Kiri dalam